News

JXB Adakan Pelatihan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di Lingkungan Perusahaan


Corporate   2022-05-27   Download

Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo mengadakan pelatihan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang dilaksanakan di Ruang Semanggi, Grand Cempaka Business Hotel dan secara online melalui platform Zoom pada (27/05). Pelatihan diikuti oleh seluruh Dewan Komisaris, Direksi dan manajemen. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas perusahaan serta menjadi komitmen manajemen untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), serta sistem kerja yang bersih dan transparan.

Direktur Keuangan dan Administrasi JXB, Zulfarshah menjelaskan bahwa penerapan SMAP menjadi tindak lanjut atas komitmen perusahaan untuk mewujudkan Good Corporate Governance. “Direksi, Komisaris serta seluruh karyawan JXB memiliki komitmen yang sama untuk menciptakan budaya anti korupsi di lingkungan perusahaan. Harapan kami, semua karyawan dapat memahami dan mengimplementasikan sistem ini,” ujar beliau dalam sambutannya.

Pelatihan ini merupakan rangkaian persiapan JXB untuk mendapatkan SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP. Untuk menjaga keberlangsungan penerapan SMAP, maka akan dibentuk satu kelompok tugas lintas bidang yang menjadi aksi kolektif. Kebijakan SMAP ini akan berlaku bagi seluruh stakeholder atau mitra yang bersinggungan dengan JXB.

Pelatihan SMAP hari ini sendiri memaparkan mengenai pengertian korupsi secara umum, subjek hukum yang yang masuk dalam Undang-undang Tipikor dan praktek-praktek korupsi yang sering terjadi. Setelah pelatihan, akan ada workshop-workshop lanjutan di masing-masing divisi untuk melakukan pemetaan potensi korupsi dan mitigasinya ditiap bidang dan unit usaha.