News

Vaksin Keliling, Upaya Jemput Bola Pemprov DKI Demi Capai Target Vaksinasi


JXLive   2021-07-08   Download

Program mobil vaksin keliling resmi diluncurkan hari ini (8/7). Mobil Vaksin keliling merupakan inisiatif dari Pemprov untuk langsung mendatangi masyarakat sehingga akses vaksin menjadi lebih mudah. Rencananya akan ada 16 mobil vaksin yang akan disediakan oleh Pemprov DKI berkolaborasi dengan berbagai unsur. Diharapkan mobil vaksin menjadi salah satu solusi untuk mempercepat program percepatan vaksinasi di Jakarta.

Pada uji coba yang dilaksanakan di Pasar Senen dan Cakung kemarin (7/7), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa vaksin keliling juga merupakan bentuk kolaborasi dari segala unsur yaitu Polda Metro Jaya, Kodam, Kemendikbud, PT Magenta Mediatama, Aprindo, Apindo, Pipindo, Kadin serta relawan dari institusi yang tergabung dalam kolaborasi program percepatan vaksinasi ini.

“Semoga 16 mobil vaksin yang tersedia dapat bekerja untuk menjemput masyarakat yang memiliki kendala mendatangi lokasi-lokasi vaksinasi yang ada sekarang. Sehingga, target 8,8 juta vaksin di akhir Agustus bisa lebih cepat tercapai,” ujar beliau. Anies juga mengungkapkan hingga saat ini, sudah tercapai 4,9 juta orang yang telah mendapatkan vaksin di DKI Jakarta.

Uji coba vaksin keliling di Pasar Senen turut dihadiri oleh Forkopimda DKI Jakarta, diantaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran, serta Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta Asri Agung Putra.

Seperti juga sentra vaksin lainnya, program vaksinasi di mobil vaksin keliling ini juga tidak dipungut biaya. Masyarakat dapat langsung mendaftarkan diri melalui aplikasi JAKI dan mendapatkan jadwal dan lokasi vaksin. Masyarakat juga dapat mendatangi mobil vaksin dan mendaftar via aplikasi JAKI langsung di tempat. Pelayanan setiap mobil vaksin ini akan berlangsung dari pukul 08.00-12.00 WIB dan memiliki kuota hingga 100 orang per hari.

Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi mengharapkan kehadiran mobil vaksin dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. “Kami sebagai kolaborator mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19. Salah satu solusi untuk mengelola pandemi ini adalah dengan program vaksinasi. Jadi, kami harapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses vaksinasi,” tutupnya.