News

Pemprov DKI Jakarta Tetapkan Susunan Pengurus Baru Setelah Terima Permohonan Pengunduran Diri Novita Dewi Sebagai Direktur Utama


Corporate   2023-07-15   Download

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemegang saham mayoritas Jakarta Experience Board (JXB)/PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) melakukan perubahan dalam susunan pengurus perseroan. Keputusan para pemegang sahan tersebut disampaikan Jum'at, 14 Juli 2023, di Kantor Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD), yang dihadiri Nasrudin Djoko Surjono selaku Kepala BPBUMD, Dewan Komisaris dan Direksi JXB, serta perwakilan Perumda Pasar Jaya selaku pemegang saham.

Dalam keputusannya para pemegang saham menerima permohonan pengunduran diri Novita Dewi dari posisi Direktur Utama dan melakukan pembaharuan pada beberapa jajaran Direksi dan Komisaris di antaranya Tatat Rahmita Utami dari posisi Komisaris Utama, Hendri dari posisi Komisaris dan Nabil Djaidi dari posisi Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha.

Lebih lanjut Corporate Secretary JXB, AT. Erik Triadi mengatakan bahwa para pemegang saham juga menunjuk Agus Sudarno sebagai Komisaris Utama dan Landi Rizaldi Mangaweang sebagai Direktur Utama perseroan.

"Pembaruan dalam kepengurusan ini diharapkan dapat mengupayakan peningkatan pendapatan usaha baik di bidang pariwisata maupun perhotelan sesuai tata kelola perusahaan yang baik," jelas Erik.

Perseroan mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras Ibu Tatat Rahmita Utami, Bapak Hendri, Ibu Novita Dewi dan Bapak Nabil Djaidi dalam memajukan perusahaan.  "Kami juga menyambut kehadiran Komisaris Utama dan Direktur Utama yang baru untuk bergabung, bahu membahu memajukan perusahaan,” jelas Erik.

Selama kepemimpinan Novita Dewi, JXB menjadi BUMD DKI yang bertransformasi, membawa citra baru BUMD yang dinamis, modern dan lincah. JXB yang dulu hanya bergerak di bidang perhotelan, kini merambah bisnis pariwisata yang lebih luas. JXB telah berhasil membukukan laba pertama kali di 2020 setelah perusahaan rugi empat tahun berturut-turut. Dari tahun 2021 ke 2022, pertumbuhan pendapatan usaha sebesar 59,44%. Perusahaan juga meraih sejumlah penghargaan di antaranya The Most Promising Company In Strategic Marketing dan The Most Promising Company In Tactical Marketing dari Markplus, TOP BUMD Award selama tiga tahun berturut-turut dan berbagai penghargaan lainnya.

Dengan adanya Keputusan Para Pemegang Saham tersebut, susunan Pengurus Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo (Perseroda), menjadi sebagai berikut:
Dewan Komisaris:
1. Komisaris Utama: Agus Sudarno
2. Komisaris: Muhammad Ichwan Ridwan

Direksi
1. Direktur Utama: Landi Rizaldi Mangaweang
2. Direktur: Zulfarshah
3. Direktur: Andi Permadi