News

Pembangunan JXB Bike Lounge Dimulai: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut JXB Novita Dewi Lakukan Groundbreaking Ceremony


JXLive   2022-06-03   Download

Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo melakukan Groundbreaking Ceremony JXB Bike Lounge yang menandai dimulainya pembangunan sebuah fasilitas bagi pesepeda. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, DirekturUtama JXB Novita Dewi, jajaran Pemprov DKI Jakarta, para Duta Besar berbagai negara dan perwakilan komunitassepeda. Seremoni dilakukan langsung di area pembangunan JXB Bike Lounge di Banjir Kanal Barat pada (3/6). JXB Bike Lounge merupakan fasilitas bagi para pesepeda yang melingkupi smart toilet, ruang mandi, loker, workshop dan area UMKM, tempat berkumpul dan mushola. Diharapkan proses pembangunan JXB Bike Lounge berjalan lancar sehingga dapat memberikan manfaattidak hanya bagi pesepeda, namun masyarakat secara umum.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mendorong warga Jakarta untuk menggunakan moda transportasi ramah lingkungan. “Kita melihat perubahan dramatis jumlah orang yang bersepeda. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta telah membangun jalur sepeda lebih dari 106 km, dengan target 500 km. Kita juga mewajibkan setiap gedung memiliki alokasi parkir minimal 5% untuk parkir sepeda. Kita berharap sepeda tidak hanya diperlakukan sebagai alat olahraga, tetapi menjadi alat transportasi. From sport to transport. JXB Bike Lounge diharapkan menjadi penanda berbagai perkembangan terkait moda transportasi rendah emisi,” jelas beliau. Dengan berbagai kebijakan ini, Anies berharap Jakarta dapat mengirimkan pesan kepada warga bahwa kota ini bergerak ke arah yang lebih ramah lingkungan, juga memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta terus mengelolaperubahan iklim yang terjadi.

Selain menjadi fasilitas bagi para pesepeda, kehadiran JXB Bike Lounge merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalkan ruang publik, meningkatkan keindahan kota juga mempromosikan semangat bersepeda kepada warga Jakarta. Direktur Utama JXB, Novita Dewi menjelaskan mengenai fitur JXB Bike Lounge dalam kegiatan Groundbreaking hari ini. “JXB Bike Lounge ini memiliki dua peran utama, yaitu sebagai fasilitas penunjang bagi para pesepeda karena iklim tropis Jakarta membuat pesepeda berkeringat sehingga membutuhkan tempat untuk mandi dan berganti baju. Kedua, JXB Bike Lounge akan menjadi titik kumpul pesepeda dan menambah pilihan ruang publik bagi warga Jakarta. JXB Bike Lounge juga akan memperindah kota dengan adanya ruang yang dihiasi mural. Melalui JXB Bike Lounge, JXB ingin menyatukan berbagai komunitas seperti komunitas kreatif dan komunitas sepeda,” ujar beliau. JXB Bike Lounge rencananya akan mulai beroperasi pada September 2022.

Pada kegiatanGroundbreaking JXB Bike Lounge, JXB berkolaborasi denganDiton King pada kegiatan Live Mural di area JXB Bike Lounge. Diton King adalah lini produk cat semprot khusus graffiti dari Diton, perusahaan Indonesia yang telah 25 tahun berdiri. Diton King juga aktif dalam mendukungperkembangan dunia graffitiIndonesia maupun Asia. Dalam kegiatanini, tiga muralisterkenal turut berpartisipasi yaitu Finedimension, Cakes PWS, dan Boner. Finedimension adalah seniman graffiti yang membuat cat semprot graffiti Diton King dan aktif dalam skena graffiti Indonesia sejak awal tahun 2000. Cakes PWS merupakan seniman graffiti muda Indonesia yang terkenal dalam kecepatan dan kepiawaiannya mengolah style graffiti. Terakhir, adalah Boner, seniman graffiti Indonesia yang juga aktif dalam festival dalam dan luar negeri. Salah satu seniman graffiti muda yang menginspirasi generasidibawahnya. Selain itu, Elfira Soraya,This is Jakarta City dan Grafiti.id juga turut berkolaborasi mewujudkan pembuatan mural pada kegiatanGroundbreaking JXB Bike Lounge ini.

Kehadiran JXB Bike Lounge di Jakarta turut menambah jumlah ruang publik yang dibutuhkan warga Jakarta. Hal ini sesuai dengan penelitian seorang sosiologis urban asal Amerika Serikat, Ray Oldenburg, yang menjabarkan konsep Third Place atau tempat ketiga. Menurutnya, manusia memiliki kebutuhan terhadap tiga tempat dalam hidupnya. Tempat pertama yaitu rumah, tempat kedua yaitu kantor atau sekolahdan tempat ketiga merupakan tempat publik di mana manusiamenghabiskan waktunya untuk bertukar pikiran, melepas lelah, menjalin relasi dan menikmati hari. Peran tempat ketiga ini menjadi penting di zaman sekarang mengingat kebutuhan untuk bersosialisasi semakin tinggi. Oleh karena itu, hadirnya JXB Bike Lounge menjadi relevan bagi warga Jakarta karena menambah pilihan tempat bagi warga untuk bersosialisasi.

Komunitas pesepeda juga menyambut baik kehadiran JXB Bike Lounge yang berlokasi di Banjir Kanal Barat ini. “ Saya rasa JXB Bike Lounge merupakanfasilitas pertama di Jakarta bahkan Indonesia. Ini merupakan sebuah kemajuan bagi Jakarta,” ujar Ketua Umum Bike2Work, Fahmi Saimima. Bagi komunitas pesepeda, bersepeda merupakan sebuah kesenangan sehingga beliau menyambutbaik adanya wadah bagi para komunitas pesepeda.

Selama proses pembangunan JXB Bike Lounge, JXB terus melibatkan Dinas-dinas terkait dan komunitas sepeda untuk memberikan pandangan terhadap fasilitas ini melalui Focus Group Discussion, dengan tujuan agar fasilitas ini menjadi tepat guna. JXB Bike Lounge perdana akan hadir di Banjir Kanal Barat dan nantinya akan dibangun di berbagai lokasistrategis lainnya.