News

Novita Dewi Raih Penghargaan CMO of The Year 2023 oleh Markplus Dua Tahun Berturut-turut


Corporate   2023-06-14   Download

Direktur Utama PT. Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) Novita Dewi meraih penghargaan Chief Marketing Officer (CMO) of The Year 2023 di ajang BUMD Entrepreneurial Marketing Award (BEMA) 2023 yang diselenggarakan oleh Markplus. Penghargaan ini menjadi kali kedua Novita Dewi mendapatkan penghargaan ini sejak tahun 2022. Malam penghargaan dilaksanakan di (14/6) di Atrium Hall, Mall Kota Kasablanka. Penganugerahan turut dihadiri oleh Direktur Administrasi dan Keuangan JXB, Zulfarshah, Direktur Operasi dan Transformasi Digital Andi Permadi, dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Nabil Djaidi.

“Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas kuasaNya, penghargaan ini kembali saya terima. Apresiasi kepada keluarga, rekan-rekan JXB dan seluruh pihak yang berperan dalam perjalanan karir saya,” jelas Novita. Beliau berharap penghargaan ini dapat memotivasi dan menginspirasi rekan-rekan para pemimpin perusahaan yang juga memiliki tantangan dalam menjalankan tugasnya.

BUMN/BUMD Entrepreneurial Marketing Award merupakan ajang tahunan yang melibatkan ribuan BUMN, BUMD dan anak perusahaan dengan tujuan mengoptimalkan peran BUMN/BUMD melalui kreativitas, inovasi, entrepreneurship dan leadership untuk mendorong pemulihan dan mencapai pertumbuhan yang inklusif dengan mengedepankan kolaborasi. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-11.

Pelaksanaan penjurian tahun ini melibatkan anggota Jakarta CMO Club, Indonesia Marketing Association dan International Council for Small Business di Indonesia. Proses seleksi sudah dimulai dengan melakukan penilaian terhadap kinerja finansial dan pemasaran setiap perusahaan. Seleksi dilanjutkan dengan melibatkan berbagai akademisi dan expertise di bidang ekonomi, bisnis dan pemasaran untuk melakukan wawancara kepada manajemen BUMN maupun BUMD. Setiap perusahaan perlu mempresentasikan kinerja perusahaan di tahun 2022 dan meyakinkan dewan juri terkait pencapaian-pencapaian perusahaan selama satu tahun. Direktur Utama JXB didampingi jajaran Direksi JXB mempresentasikan langsung paparan di hadapan para juri.

JXB pun menjadi salah satu perusahaan yang meraih banyak penghargaan pada BEMA 2023 ini. Adapun penghargaan yang berhasil diraih: The Most Promising Company In Strategic Marketing dan The Most Promising Company In Tactical Marketing.

CMO of The Year adalah penghargaan yang ditujukan kepada pemimpin perusahaan yang berhasil membawa perubahan bagi perusahaan di bidang pemasaran dan kinerja keuangan. Selama kepemimpinan Novita Dewi, JXB telah berhasil membukukan laba pertama kali di 2020 setelah perusahaan rugi empat tahun berturut-turut. Dari tahun 2021 ke 2022, pertumbuhan pendapatan usaha sebesar 59,44%.

Di bawah kepemimpinannya, Novita mampu membawa JXB sebagai BUMD DKI yang bertransformasi, membawa citra baru BUMD yang dinamis, modern dan lincah. JXB yang dulu hanya bergerak di bidang perhotelan, kini menjadi BUMD DKI yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan, ekonomi kreatif dan beautifikasi kota. Dan pada bulan Mei 2023 yang lalu, sebagai salah satu wujud upaya transformasi untuk meningkatkan daya saing usaha perhotelan di Jakarta, JXB telah resmi

meluncurkan The Tavia Collection. Brand baru ini diharapkan menjadi terobosan baru dalam dunia pariwisata Jakarta, dengan menghadirkan fasilitas hospitality terinspirasi dari cerita Jakarta dari waktu ke waktu.

“Perjalanan JXB masih akan berlanjut, semoga penghargaan ini tidak membuat kita cepat berpuas diri, justru menjadi motivasi untuk mempertahankan kinerja saya pribadi maupun karyawan JXB untuk meningkatkan performa demi kemajuan perusahaan bersama,” tutup Novita.