News

JXB Ucapkan Terima Kasih Dipercaya Laksanakan Kegiatan Istana Berbatik


Corporate   2023-10-02   Download

Jakarta, 2 Oktober 2023 - Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober, diselenggarakan fashion show "Istana Berbatik" untuk mengapresiasi dan mempromosikan keindahan warisan budaya batik nusantara. PT Jakarta Tourisindo (Perseroda)/Jakarta Experience Board (JXB) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah sebagai pelaksana kegiatan akbar tersebut.

Kegiatan Istana Berbatik diselenggarakan di depan Istana Merdeka Jakarta, pada Minggu, 1 Oktober 2023 yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Estu Handayani beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Pj. Gubernur DKI Jakarta beserta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMN, BUMD dan perwakilan figur publik Indonesia. Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian BUMN, didukung Pemprov DKI Jakarta, BUMN, BUMD DKI Jakarta, pihak swasta, komunitas serta MNC sebagai ocial media dan disiarkan langsung di TV nasional.

“Sebagai salah satu BUMD DKI Jakarta, kami merasa bangga dan terhormat telah mendapatkan kesempatan sebagai event organizer kegiatan Istana Berbatik. Terima kasih atas kepercayaan dari Kemenparekraf, Kementerian BUMN, para sponsor, Pemprov DKI Jakarta, dan seluruh pihak yang hadir dan berpartisipasi,” ujar Direktur Utama JXB, Landi Rizaldi Mangaweang.

Batik sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia asal Indonesia pada 2 Oktober 2009. Batik merupakan hasil karya dari tangan manusia secara langsung yang menggunakan canting dan lilin malam sebagai bahan untuk menggambar motif di atas kain sehingga menghasilkan karya yang indah dengan berbagai kreasi motif.

Istana Berbatik menjadi arena bagi para desainer lokal untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka. Istana Berbatik juga hadir sebagai ajang untuk mengapresiasi para insan yang telah melestarikan budaya batik.

Fashion show menampilkan 506 peraga yang berasal dari kalangan menteri dan wakil menteri beserta pasangan, gubernur dari seluruh provinsi, duta besar negara sahabat, perwakilan BUMN, perwakilan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat, Puro Mangkunegaran Kota Solo, Puro Pakualaman Yogyakarta, Kesultanan Sumenep, Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan dan Kesultanan Kasepuhan Cirebon, model profesional serta public figure. Dihadiri oleh lebih dari 3.000 undangan yang menyaksikan langsung berbagai koleksi batik yang ada.

Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan dari musisi ternama seperti Padi Reborn, Rossa, Soegi Bornean, Novia Bachmid, Mirabeth, Olivia, serta dipandu oleh MC multitalenta Ra Ahmad dan Astrid Tiar.

Kegiatan Istana Berbatik terselenggara atas dukungan para sponsor yakni PLN, BRI, BNI, Pertamina, Telkom Indonesia, Freeport Indonesia, Mandiri, BTN, Telkomsel, BSI, Indonesia Financial Group (IFG), Pelindo dan Injourney.

Bagi JXB keberhasilan menggelar kegiatan ini merupakan bentuk pembuktian kemampuan dalam menyelenggarakan event-event bertaraf nasional dan dengan standar yang tinggi. “Event organizer merupakan salah satu lini bisnis andalan JXB, ke depan JXB telah siap melakukan ekspansi dalam penyelenggaraan event-event besar lainnya,” tandas Landi Rizaldi.