News

JXB Kembali Ajak Pelaku Kreatif Hadirkan Instalasi Kreatif di Terowongan Kendal


JXSpace   2023-01-09   Download

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya berkelanjutan Pemprov DKI Jakarta untuk menciptakan lokasi publik menjadi ruang kreatif, Jakarta Experience Board berkolaborasi dengan MRT Jakarta  menghadirkan Instalasi Kreatif Mural 3D sepanjang 34 dan 25 meter yang akan ditampilkan di Terowongan Kendal dari tanggal 9 Januari hingga 5 Februari 2023. Aktivasi ruang publik ini menjadi upaya untuk mengoptimalisasi lahan milik Pemprov DKI Jakarta sekaligus Kawasan Berorientasi Transit (TOD) sehingga masyarakat yang melintasi kawasan tersebut mendapatkan hiburan secara gratis. Kolaborasi ini juga membuka kesempatan untuk setiap insan kreatif dalam berkarya di ruang publik kota. 

Direktur Utama JXB Novita Dewi menjelaskan mengawali tahun baru ini, JXB kembali berkolaborasi melalui aktivasi ruang publik di tengah Jakarta. “Kolaborasi bersama Pemprov DKI Jakarta, MRT dan industri internasional ini diharapkan dapat memberikan pengalaman menarik di awal tahun, memberikan ruang bagi para seniman untuk mengekspresikan karyanya di tengah kota dan menjadi pemantik bagi perkembangan industri ekonomi kreatif Jakarta ke depan,”ujar beliau. 

Apresiasi juga disampaikan oleh para seniman yang tengah diberi ruang untuk menunjukkan talentanya di ruang publik kota. "Terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan JXB yang sudah memberikan kami wadah untuk berekspresi. Kami merasa bangga dapat bergabung dalam kolaborasi ini," Cep Toha, Muralist iMural yang mengerjakan karya seni ini. 

Instalasi Kreatif di ruang publik ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan dan pengembangan industri perfilman sebagai bagian dari sektor ekonomi kreatif serta menjadi salah satu bukti bahwa Jakarta dapat menjadi ruang kota yang bersahabat bagi para pelaku kreatif dan komunitas. 

Sebelumnya, JXB telah menggelar kegiatan serupa, diantaranya Mural Jakarta Hajatan di Terowongan Kendal dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta serta menghadirkan Mural di tengah Plaza Fatahillah, Kota Tua untuk mengaktivasi kawasan Kota Tua dan memeriahkan tren global yang sedang hadir di Indonesia.