News

Gelar RUPS, Jakarta Experience Board Tunjukkan Kinerja Keuangan Positif dan Berkelanjutan


Corporate   2022-06-10   Download

Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa pada Rabu, (9/6) bertempat di Ruang Semanggi, Grand Cempaka Business Hotel. RUPS dihadiri oleh perwakilan pemegang saham dari Pemprov DKI Jakarta yang diwakili Budi Purnama Plt Kepala BPBUMD (Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah), Ratih Mayasari Direktur Keuangan Perumda Pasar Jaya dan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Jakarta Experience Board.

Dalam Laporan Tahunan yang dikeluarkan, JXB mencatatkan laba Rp. 13,7 miliar, dengan kenaikan sebesar 407% dibandingkan tahun sebelumnya. JXB juga menuai prestasi dengan membukukan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah perusahaan berdiri yaitu sebesar Rp. 240 miliar.

Direktur Utama JXB Novita Dewi memaparkan kinerja dan pencapaian perusahaan pada 2021. “Kami berupaya melakukan inovasi dengan melihat situasi bisnis yang berubah sejak adanya pandemi, sehingga program hospitality in crisis hadir untuk merespon hal tersebut. Selain itu, kami juga melaksanakan berbagai kegiatan yang kembali menggiatkan sektor MICE di Jakarta, walaupun masih dalam format hybrid. Kami juga terus mendorong pembangunan infrastruktur pariwisata bagi publik seperti JSX dan merenovasi hotel-hotel kami yang proses pembangunannya akan dilaksanakan di tahun ini. Alhamdulillah, dengan berbagai inisiatif yang kami lakukan, JXB mampu membukukan kinerja keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas Novita.

Direktur Utama Administrasi dan Keuangan JXB Zulfarshah menjelaskan bahwa, dalam laporan keuangan, JXB mencatatkan pendapatan usaha naik sebesar 105% dibandingkan 2020, sebesar Rp. 240 miliar dibandingkan sebelumnya sebesar Rp. 117 miliar. Laba perusahaan juga mengalami peningkatan drastis sebesar 407% yaitu 13,7 miliar dari sebelumnya 2,7 miliar. Hal ini juga menandai tahun kedua JXB konsisten membukukan laba setelah rugi empat tahun berturut-turut.

Pertumbuhan perusahaan di tahun-tahun mendatang diperkirakan akan semakin optimis. Hal ini didukung dengan perubahan Peraturan Daerah (Perda) PT Jakarta Tourisindo yang menetapkan kenaikan modal dasar perseroan.

Apresiasi diberikan Budi Purnama Plt. Kepala BPBUMD sebagai kuasa pemegang saham Pemprov DKI Jakarta atas pencapaian pertumbuhan keuangan perusahaan. “Saya juga memberikan apresiasi kepada JXB atas audit laporan keuangan tahun 2021 yang diselesaikan tepat waktu, ini merupakan bentuk kontribusi JXB atas pencapaian WTP dari BPK atas laporan keuangan Pemprov DKI,” jelas Budi.

Jakarta Experience Board juga terus berkomitmen dalam mewujudkan perusahaan yang sehat dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Penerapan GCG diharapkan dapat terus diimplementasikan setiap unsur dalam internal perusahaan sehingga mampu menjadi value-added bagi perusahaan dalam membangun perusahaan yang sehat dan kredibel.