News

Ajak Warga Jelajah Kota, JXB Luncurkan Creative Box by JXB dan Jakarta Culinary Experience


JXPlore   2023-04-11   Download

Jakarta Experience Board meluncurkan Creative Box dan Jakarta Culinary Experience untuk mendorong warga serta wisatawan mengeksplorasi kota Jakarta. Creative Box by JXB merupakan touchless vending machine yang menyediakan souvenir khas Jakarta dari UMKM pilihan yang sudah melewati proses kurasi. Sedangkan, Jakarta Culinary Experience merupakan buku saku yang berisikan rekomendasi kuliner, berlokasi di sekitar atau berjarak kurang lebih 1 km dari Stasiun MRT. Kedua produk ini diharapkan dapat memberi peluang dan ruang bagi UMKM Jakarta untuk memperluas pasarnya. Peluncuran Creative Box dan Jakarta Culinary Experience diselenggarakan di Halte CSW pada (11/4), dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Hari Wibowo, Ketua Subkelompok Usaha Pariwisata BP BUMD DKI Jakarta Karel Tambunan,, Direktur Utama JXB Novita Dewi, Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat, Editorial Director Kevindra Soemantri dan rekan media. Dalam kegiatan ini pula, JXB melakukan penandatangan MoU dengan MRT Jakarta terkait dengan pengembangan TOD dan pariwisata Jakarta. 

Mewakili Disparekraf, Hari Wibowo mengatakan program ini menjadi terobosan baru dari JXB dan produk ini hadir di momentum yang tepat. “Kita juga akan menyambut delegasi ASEAN, sehingga produk ini diharapkan dapat dimanfaatkan para delegasi yang sedang mencari oleh-oleh khas Jakarta”. Karel Tambunan hadir mewakili BP BUMD juga menyambut baik keberadaan produk yang menjadi fasilitas publik ini. Beliau juga mengingatkan pentingnya melakukan sinergi dengan BUMD yang lain. 

Direktur Utama JXB Novita Dewi menjelaskan bahwa Creative Box dan Jakarta Culinary Experience berupaya mendekatkan produk kreatif khas Jakarta dengan masyarakat. “Dengan percepatan pemulihan pariwisata dan meningkatnya mobilitas warga dan wisatawan di hari-hari ini, maka JXB sebagai BUMD yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan turut hadir dalam memenuhi kebutuhan wisatawan menjelajah kota,” ujar beliau. Creative box diharapkan dapat memudahkan warga dan wisatawan untuk mencari oleh-oleh Jakarta dan Jakarta Culinary Experience diharapkan dapat membantu menghidupkan industri kuliner di sepanjang stasiun MRT.

Pada tahap pertama, JXB akan meluncurkan 5 buah Creative Box yang tersebar di berbagai titik, di antaranya di dua unit di HalteI Integrasi CSW dan 1 unit masing-masing di Halte Transjakarta Balai Kota, Tebet Eco Park dan Creative Zone di Dukuh Atas. JXB menargetkan pengembangan program Creative Box hingga lebih dari 20 buah di masa mendatang, termasuk di stasiun MRT.

Untuk mendukung para penjelajah kota, JXB meluncurkan Jakarta Culinary Experience versi MRT. Buku saku ini bisa didapatkan oleh masyarakat dengan membayar hanya Rp 1 rupiah melalui Creative Box dan secara gratis di totem yang berlokasi di beberapa stasiun MRT. “Kami mengajak warga dan wisatawan untuk lebih aktif menjelajah sudut kota,” ujar Novita. Dalam penyusunan buku saku ini, JXB berkolaborasi dengan Feastin sebagai kurator rekomendasi kuliner tersebut. “Kita melihat ada potensi gastronomi sebagai daya tarik wisatawan di Jakarta. Mungkin program ini menjadi awalan untuk nantinya ada project culinary yang mungkin bisa mewakili ASEAN,” ujar Editorial Director Feastin, Kevindra.